Langsung ke konten utama

Multimedia

Minggu ke Satu (Hari Pertama)



Assalamu'alaikum wr.wb


   

Hallo guys hari ini tanggal 02 juli 2018 kita mempelajari dan mempraktikan cara menggunakan Aplikasi AI  . kita mengedit logo Tim sepak bola yang berasal dari luar negri nama tim nya yaitu FCB ( Barcelona ) dan kita  di bimbing oleh kaka kita yaitu ka Dwika Akbar .





Minggu ke Satu (Hari Kedua)


Assalamu'alaikum wr.wb 


Hallo guys hari ini di tanggal 03 juli 2018 dimana hari ini adalah hari kedua kita Prakerin atau di sebut dengan PKL ( Pelatihan Kerja Lapangan ) . Dan kita belajar untuk memahami  dan mempelajari 12 prinsip-prinsip animasi . Pasti diantara  kalian masih ada yang bingung apasih prinsip animasi ? dan apa aja sih 12 prinsip animasi ? Simak di bawah ini Dan semoga bermanfaat .








Pengertian Prinsip Animasi

Prinsip dasar animasi adalah Prinsip-prinsip yang digunakan seorang animator untukmengetahui dan memahami bagaimana sebuah animasi dibuat sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan. Prinsip dasar ini animasi ini sebenarnya paling pas digunakan untuk animasi kartun.
Dua orang animator profesional Thomas dan Ollie Johnston memberikan 12 prinsip animasi yang di adopsi dari animasi produksi Walt Disney. Merekalah yang merumuskan kedua belas prinsip animasi tersebut. 12 prinsip dasar animasi ini diciptakan pada tahun 1930, dan dikenalkan pertama kali pada tahun 1981 lewat buku mereka The Illusion of Life: Disney Animation. Munculnya 12 prinsip animasi karena dapat menciptakan hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan. Prinsip animasi tersebut diciptakan atas dasar sebagai teori dasar yang bersifat wajib dimiliki dan dikuasai oleh para animator untuk menghidupkan karakter animasinya. Selain itu juga untuk menunjukkan suatu ekspresi dan kepribadian suatu karakter. Fungsi dari prinsip animasi itu sendiri adalah supaya setiap animasi yang dibuat terlihat menarik, dramatis dan dengan gerakan yang alami (realistis).


Macam - Macam 12  prinsip animasi

1. SQUASH AND STRETCH

Squash and Stretch ini adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda. Pada dasarnya, ketika sebuah benda yang permukaannya empuk, saat menghantam benda lain dengan keras akan berubah bentuknya sementara sebelum akhirnya bisa kembali lagi ke bentuk semula. Beda dengan benda yang permukaannya keras, ketika menghantam benda lain, bentuknya tetap dan tidak berubah.



Squash and Stretch pada animasi bola

Dari gambar di atas, kita bisa menentukan bola mana yang permukaannya keras dan mana yang tidak. Hal tersebut bisa diketahui dari:
‘’Bola yang keras tidak mengalami perubahan bentuk (deformation), sedangkan bola yang empuk mengalami perubahan bentuk menjadi gepeng saat dia mulai jatuh dan menghantam lantai sebelum akhirnya kembali lagi ke bentuk aslinya’’.
Hasil pantulan yang dihasilkan juga berbeda. Ilustrasinya, bola yang keras jika dijatuhkan tentunya tidak akan memantul kembali sekuat bola lunak yang dijatuhkan. Selain itu, Squash and Stretch sering juga digunakan dalam animasi untuk menunjukkan emosi dari sebuah karakter.
Squash and Stretch pada expresi karakter

Squash and Stretch membantu membuat emosi tersebut untuk lebih bisa dirasakan oleh penonton. Bahkan dalam animasi realis pun, prinsip ini juga tetap dipakai karena sebenarnya prinsip ini berlaku juga di dunia nyata. 


2. ANTICIPATION




Contoh-contoh Anticipation

Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penontonmengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter. Anticipation ini biasa digunakan sebagai transisi dari 2 major actions, misal di antara posisi berdiri dan berlari.





Contoh Anticipation pada Donal Bebek

Dari gambar di atas, kita sudah bisa menebak dengan pasti apa yang akan dilakukan oleh si Donald Duck, dia akan berlari. Inilah yang dimaksud sebagai Anticipation sebagai transisi dari 2 major actions (dalam kasus ini berdiri dan berlari) sehingga penonton tahu apa yang akan dilakukan oleh si karakter.


Anticipation dalam kehidupan nyata

Kita bisa perhatikan bagaimana gerakan anticipation yang dibuat selalu adalah kebalikan dari gerakan berikutnya. Jika gerakan berikutnya ke arah atas, anticipationnya akan ke bawah, dll.


3. STAGING

Di dalam mengaplikasikan prinsip animasi ini, bayangkanlah bahwa setiap gambar dalam animasi kita itu adalah sebuah penampilan di panggung yang mana kita sebagai directornya harus memastikan bahwa ide cerita dari setiap detail penampilan harus tersampaikan dengan sempurna pada para penonton. Hal ini berarti kita harus memastikan bahwa setiap gerakan, ekspresi, dan mood dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan.
Contoh Staging

Dalam dunia animasi, yang paling sering berurusan dengan prinsip ini adalah storyboarder, karena dia bertugas untuk mempresentasikan ide dalam bentuk tulisan menjadi shot-shot dalam bentuk gambar, yang mana nantinya akan menjadi panduan utama bagi animator dalam bekerja.
Staging yang baik

Sekalipun dalam gambar itu, tokoh-tokohnya hanya berupa siluet, tapi kita bisa mengetahui dengan pasti apa yang sedang mereka kerjakan.Dalam banyak kasus, seringkali kita hanya perlu untuk mengubah camera angle untuk mendapatkan siluet yang tepat sekalipun action yang dilakukan sama.


4. STRAIGHT AHEAD ACTION  AND POSE TO POSE


Macam-macam Straight Ahead dan Pose to Pose

Para animator menggunakan 2 pendekatan umum yang biasanya mereka pakai dalam menganimasikan, yaitu Straight Ahead dan Pose to Pose.

-Straight Ahead

Contoh Straight Ahead

Straight ahead adalah metode dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.


-Pose to Pose




Contoh Pose to Pose

Dalam Pose to Pose, segala pergerakan sudah diplanning terlebih dahulu. Jadi, animator telah menyiapkan gerakan-gerakan utamanya (key pose), kemudian setelah semuanya oke, dia baru melanjutkan dengan detail gerakan diantara (in-between) masing-masing key pose itu.


5. FOLLOW TROUGH AND OVERLAPPING ACTION

- Follow Through Action

Konsep dari Follow Through Action adalah bahwa benda-benda yang saling berhubungan, tidak pernah bergerak bersamaan. Ketika ada 1 benda yang menjadi 'lead' (benda utama yang bergerak), maka semua benda-benda yang tersambung dengan benda 'lead' ini akan ikut bergerak tapi tidak secara bersamaan. 

- Overlapping Action

Overlapping Action memberikankonsepdimana kedua benda harus benar-benar tersambung sehingga akhirnya bisa bergerak. Dalam overlapping action, ada 2 benda yang gerakannya sama, tapi timingnya tidak sama: 1 benda bergerak duluan, kemudian diikuti gerakan benda lainnya.


6. SLOW IN AND SLOW OUT



Skema Slow In dan Slow Out


Slow In dan Slow Out adalah ilusi untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu. Slow In dan Slow Out ini prinsipnya sama seperti GLBB. Oleh karena itu dalam rumus GLBB ada variable a / acceleration yang dapat bernilai + (percepatan) atau - (perlambatan).

Perbedaan animasi normal dengan efek slow in/slow out


Dengan menggunakan software animasi sekarang, slow in / slow out (kadang disebut ease in / ease out) ini bisa kita lakukan dengan hanya klik 1 tombol atau melakukan beberapa adjustment.
Gambar sebelah kiri adalah gambar bola yang jatuh dengan kecepatan konstan, sedangkan yang kanan adalah bola yang jatuh dengan efek slow in. Kedua animasi ini juga memiliki jumlah frame atau gambar yang sama.


7. ARCHS

Contoh Archs


Archs ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan. Cara berpikir dari prinsip ini adalah seperti sebuah pendulum. Semua gerakan tangan, kaki, memutar kepala, dan gerakan bola mata semuanya dilakukan dengan mengikuti sebuah kurva.









Macam-macam Archs


Prinsip ini biasanya diaplikasikan pada saat kita membuat inbetweening. Dengan Arcs, kita bisa membuat dimensi pada gerakan animasi kita, contoh membuat kepala sedikit menunduk saat menolehkan kepala akan membuat gerakan tampak lebih alami.




Contoh Archs dalam suatu kegiatan


Dengan membuat garis punggungnya menjadi sebuah kurva, kita dapat memunculkan persepsi bahwa benda yang diangkat adalah benda yang berat.


8. SECONDARY ACTION

Secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.




Contoh Secondary Action


Nah, gerakan utamanya adalah orang itu sedang berlari, sedangkan gerakan sekundernya adalah topi santa clausnya yang bergerak. Jadi topi itu baru ikut bergerak karena disebabkan oleh gerakan utamanya, inilah yang dimaksud dengan secondary action.



9. TIMING




Contoh Timing

Timing adalah prinsip terpenting di dalam animasi. Timing menentukan berapa gambar yang harus kita buat di antara 2 pose atau yang biasa kita sebut dengan istilah in-between.
Prinsipnya, semakin banyak inbetween, berarti durasi semakin lama sehingga action yang sedang dilakukan pun akan semakin panjang juga. Oleh karena itu, timing chart yang pas akan merepresentasikan persepsi dari action yang pas pula. 



10. SOLID DRAWING




Step by step Solid Drawing


Solid Drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat 3D dan konsisten dalam setiap frame animasi.Segala atribut seperti mata, pakaian, aksesoris, dan apapun yang menempel dengan si karakter tetap konsisten letak dan bentuknya.




Contoh-contoh Solid Drawing






Solid Drawing dalam pergerakan tangan

Solid drawing berbeda dengan 'detailed drawing' dan 'realistic drawing', solid drawing lebih menekankan pada bagaimana karakter tersebut bisa dengan baik dianimasikan dalam ruang 3D.


11. APPEAL


Contoh Appeal dalam animasi Toy Story

Appeal adalah tentang bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak selalu harus yang lucu seperti yang banyak orang pikirkan.


12. EXAGGERATION


Gambar normal dan gambar Exaggeration


Exaggeration adalah salah satu kekuatan medium animasi. Pada intinya melebih-lebihkan action, ekspresi atau apapun dalam animasi kita sehingga terlihat lebih menarik dan lebih cartoon.









Macam-macam Exaggeration

Prinsip – prinsip ini digunakan pada saat animator akan membuat sebuah film animasi 3D ataupun 2D. Kedua belas prinsip ini harus selalu digunakan, karena dalam pembuatan film animasi ada 12 prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah animasi yang hidup. Ke-12 prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah animasi. Jika salah satu dari prinsip ini tidak ada maka animasi yang dibuat akan terkesan berbeda, namun tetap bisa disebut animasi.
Ada pula prinsip – prinsip diluar kedua belas prinsip yang harus disertakan dalam pembuatan animasi tetapi tetap yang paling utama adalah 12 prinsip animasi ini dalam pembuatan film animasi.


Contohnya saja dalam film ‘’FINDING NEMO’’, menerapkan beberapa prinsip animasi, yaitu sbb :

1. Anticipation / gerakan beraturan
2. Staging / penataan gerak
3. Slow In and Slow Out
4. Follow Through and Overlapping Action
5. Archs
6. Secondary Action/Gerakan Pedukung
7. Timing
8. Appeal / daya tarik


 ~ terima kasih atas kunjungan nya dan semoga bermanfaat
  

 Minggu Ke Satu  (Hari Ketiga )

Assalamu'alaikum wr.wb 
                  
           Hallo temen - temen kaka kaka ade ade kali ini di tanggal 04 juli 2018 kita semua di kasih tugas oleh kaka kita ka Dwika Akbar . Kita di kasih tugas untuk membuat artikel yang Bertema Kota Cimahi . Ada apa aja sih di kota Cimahi dan apa sih awal sejarah kota Cimahi . yuk ikuti kami , semoga bermanfaat .













Kota Cimahi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah barat Kota Bandung. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom. Kota Cimahi terdiri atas 3 kecamatan, yang dibagi lagi atas 15 kelurahan.


Sejarah

Dalam bahasa Sunda, nama Cimahi berarti “air yang cukup”. Cimahi mulai dikenal ketika pada tahun 1811, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels membuat jalan Anyer-Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan di alun-alun Cimahi sekarang. Tahun 1874–1893, dilaksanakan pembuatan jalan kereta api Bandung-Cianjur sekaligus pembuatan Stasiun Cimahi. Tahun 1886 dibangun pusat pendidikan militer beserta fasilitas lainnya seperti Rumah Sakit Dustira dan rumah tahanan militer. Pada tahun 1935, Cimahi ditetapkan sebagai kecamatan.
Setelah kemerdekaan Indonesia, Cimahi menjadi bagian dari Kabupaten Bandung Utara. Pada tahun 1962, dibentuk Kawedanaan Cimahi yang meliputi Kecamatan Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cipatat. Berdasarkan PP Nomor 29 Tahun 1975, Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976, dan menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat. Mulai 21 Juni 2001 status Cimahi menjadi kota.
Kini Cimahi menjadi salah satu kawasan pertumbuhan Kota Bandung di sebelah barat. Jumlah penduduknya saat ini adalah sekitar 483.000 jiwa, meningkat dari 290.000 pada tahun 1990 dengan pertumbuhan rata-rata 2,12% per tahun.


Kota Tentara

Kota Cimahi mendapat julukan sebagai “Kota Tentara” karena di kota ini banyak pusat pendidikan untuk tentara, di antaranya:
  • Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdikarmed)
  • Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer Umum (Pusdikpengmilum)
  • Sekolah Pelatih Infanteri Pusat Pendidikan Infanteri (SPI Pusdikif)
  • Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdikjas)
  • Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal)
  • Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan (Pusdikbekang)
  • Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom)
  • Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub)
belum lagi markas-markas tentara yang terdapat di situ yang jumlahnya pun cukup banyak, seperti:
  • Brigif 15/Kujang II
  • Pussenarhanud Kodiklatad
  • Pussenarmed Kodiklatad
  • Kiban Yonzipur 3/Macan Kumbang
  • Kodim 0609/Cimahi
  • Yonarmed 4/105 Parahyangan
  • Tepbek Cimahi
  • Koramil Cimahi
  • Rumkit Tk. II Kesdam III/Siliwangi
  • Kesdim Cimahi
dan masih banyak lagi ditambah asrama militer yang jumlahnya sangat banyak. Dengan banyaknya pusat pendidikan tentara dan fasilitas kemiliteran lainnya maka sekitar 60% wilayah Kota Cimahi digunakan oleh tentara. Mungkin karena itulah, kota Cimahi juga mendapat julukan “Kota Hijau”, sesuai dengan warna seragam yang digunakan tentara khususnya dari angkatan darat (TNI-AD).
Namun keadaan demikian juga menimbulkan kesulitan tersendiri bagi pemerintah kota Cimahi. Ini disebabkan karena tanah dan bangunan yang digunakan oleh militer tersebut tidak dibayar pajak bumi dan bangunannya (PBB), sehingga pemerintah kota tidak mendapat masukan dari sebagian besar wilayahnya.

KOTA ANIMASI

CIMAHI – Perhelatan Baros International Animation Festival (BIAF) yang menjadi program tahunan Pemkot Kota Cimahi yang bekerja sama dengan Cimahi Creative Association (CCA), mengukuhkan diri sebagai pusat industri animasi di Indonesia.
BIAF 2016 diselenggarakan mulai 17 November hingga 20 November 2016 di Cimahi Technopark. Ajang ini juga dihadiri peserta dari Prancis dan Jepang. Perhelatan tersebut akan menjadi ajang berkumpulnya para stakeholders industri hiburan dan animasi, mulai dari studio animasi, pengembang game, comic artists, illustrators, media, agensi, pengembang perangkat lunak, merchandising, pengembang industri IT, komunitas, hingga penikmat animasi.



Animasi bagi Kota Cimahi telah menjadi bagian dari empat klaster pengembangan ekonomi lokal dan sebelumnya ditetapkan menjadi bagian dari masterplan pengembangan, percepatan ekonomi Indonesia Koridor Jawa. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Benny Bachtiar mengatakan, BIAF pertama kali diadakan pada 2013. Namun untuk perhelatan kedua difokuskan untuk memperluas jaringan antarpelaku animasi di tingkat nasional.
Pada 2015, perhelatan itu untuk membuka jejaring lebih luas dengan beberapa stakeholder, seperti kementerian, lembaga-lembaga kebudayaan internasional IFI, Japan Foundation, Gothe, dan Eras Muis Belanda. Termasuk membuka komunikasi budaya dengan beberapa negara termasuk komunitas animasinya. Benny mengemukakan, terbentuknya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi tambahan energi bagi pemerintah kota untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan BIAF dan pengembangan dunia animasi di Cimahi agar mampu bersaing di level nasional serta internasional.
”Kementerian Perdagangan mengklaim potensi pasar animasi di Indonesia cukup besar. Hal itu ditunjukkan dengan data pada 2015 bahwa pertumbuhan pasar industri media dan hiburan Indonesia juga sangat pesat di mana terdapat 826 layar bioskop, 13 stasiun terrestrial televisi, 12 jaringan televisi, dan 20 stasiun televisi berbayar. Permintaan produk animasi di dalam negeri sangatlah besar. Tidak hanya di dalam negeri, permintaan produk animasi di pasar luar negeri bahkan jauh lebih besar dengan nilai keuntungan yang sangat menjanjikan,” kata Benny.
Meskipun mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor animasi masih relatif kecil pada 2010 baru mencapai Rp595 miliar meningkat pada 2013 dengan mencapai Rp639 miliar. Akan tetapi dalam waktu jangka panjang potensi ini memiliki prospek menjanjikan. ”Menangkap kesempatan yang ada maka Kota Cimahi akan menggarapnya dengan serius agar maksimal,” tutur dia. Seperti pelaksanaan BIAF sebelumnya, agenda kegiatan akan diisi dengan berbagai acara, dari talkshow, master class, bussines meeting, exhibition, dan kompetisi film animasi.
Talkshow diisi pembicara-pembicara yang memiliki kemampuan di bidangnya, seperti, Festival Director O!PLA Piotr Kardas dari Polandia; CEO Goldilocks Inc Hongki Kim dari Korea; Dosen IIT Bombay Shilpa Ranade dari India; CEO GCMA TV dari Malaysia Adam Ham; Layout Supervisor Monk Studio Nol Kittiampon dari Thailand; Audio Visual Coordinator IFI Anthony Krazwyck dari Perancis; Animation Journalist Peter Schavemaker dari Belanda; dan Senior Animator Hotel Transylvania Kevin Jackson dari USA.
”Selain sebagai ajang sharing di antara pelaku animasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, penguatan keahlian manejerial, dan teknis industri animasi, talkshow juga membahas berbagai kebijakan dalam mendorong berkembangnya industri animasi,” ungkap Benny. Selain itu juga digelar kegiatan master class yang akan membahas mengenai proses preproduksi, produksi dan post produksi sebagai bentuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk lebih berkembang.
Konten master class merupakan kegiatan yang akan banyak memberi materi keterampilan/keahlian dalam bidang tehnis bagi para pelaku industri animasi dan telematika. ”Selain menampilkan pemateri dari dalam negeri juga diundang para pakar dari luar negeri,” ungkap dia. Di samping itu juga untuk membentuk kerja sama antara pelaku industri animasi, kata Benny, dalam BIAF juga digelar kegiatan bussines meeting yang mempertemukan kembali berbagai stakeholders industri animasi untuk membuka peluang dan ruang kerja sama coproduction dengan beberapa industri animasi dari beberapa negara yang terikat dalam kerja sama produksi.
Dalam sesi ini setiap creator dapat mempersiapkan karyanya untuk di-review oleh Stepane Adelbert dan David Kwok untuk dikonsultasikan dan diukur dari segi kualitasnya. ”Kami juga membuka ruang Exhibition yang bisa dimanfaatkan para cretor Indonesia, instansi dan institusi yang terkait dengan industri animasi untuk mempromosikan produknya, mulai dari komik, games dan merchandise,” tandas Benny. Sementara itu, Ketua Cimahi Creative Association Rudi Suteja mengatakan, gelaran BIAF yang keempat ini diisi agenda-agenda sama seperti tahun sebelumnya. Meskipun begitu, BIAF merupakan event festival animasi yang bertujuan akhir menjadi tempat transaksi bisnis animasi global.
”Kami menuju ke arah sana dan membutuhkan waktu lama dan Prancis pun membutuhkan waktu selama 11 tahun. Namun kami berupaya pada tahun penyelenggaraan ke tujuh, hal itu bisa diwujudkan,” tandas Rudi. Meskipun setiap tahun agendanya sama, tapi setiap gelaran memiliki tema berbeda. Untuk tahun ini, tema yang diangkat lebih ke masalah preproduction, penulisan cerita, dan membangun karakter. Selain itu juga dicoba memperkenalkan produk kepada pelaku bisnis untuk diukur apakah sudah bisa masuk atau cocok ke bisnis Asia atau global.
”Dalam tahap ini tentu akan dilakukan evaluasi dari karya animasi yang ada dan ke depannya diharapkan minimal bisa menembus pasar Asia,” tegas dia. Rudi menyatakan, pergerakan dunia animasi Cimahi saat ini sudah mengarah kepada service animation, seperti yang sudah dilakukan beberapa negara, seperti Thailand, Vietnam, dan India yang lebih maju. Setelah itu, membangun ekosistem animasi yang membutuhkan peran berbagai pihak terutama negara harus turut mendorong terbangunnya ekosistem animasi.
”Pembangunan ekosistem animasi tidak hanya tanggungjawab Cimahi saja tapi juga adanya keterlibatan negara, dalam artian memberikan dukungan dari segi regulasi, pendanaan dan pajak,” tandas dia.
Dalam BIAF 2016 juga diadakan Kompetisi Film Animasi sebagai wujud mendukung dan mendorong para creator untuk menghadirkan karya terbaiknya yang dihasilkan oleh para pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia. Dalam lomba kali ini ada empat kategori yang dilombakan, di antaranya, best picture, best short animation, dan best story.


~TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN NYA DAN SEMOGA BERMANFAAT



Minggu Ke Satu (Hari Keempat)


Assalamu'alaikum wr.wb

Hai guys kali ini di hari keempat kita pkl pada tgl 05 juli 2018 kita mendapat tugas dari pembimbing kita untuk membuat sebuah animasi yang di buat di aplikasi adobe AE kalian bisa lihat dibawah ini dan jangan lupa liat lengkapnya di youtube kami  . Simak di bawah ini ya dan semoga bermanfaat


 inilah hasil dari animasi yang telah kita buat






~ terimakasih atas kunjungannya di blog kami ya dan semoga bermanfaat 



Minggu Ke Lima ( Hari Pertama )

Assalamu'alaikum wr.wb

 Haii.. gak kerasa yaa hari ini ternyata kita sudah masuk ke minggu kelima prakerin di Cimahi Technopark. Dan hari ini senin tanggal 30 juli 2018 kita kembali ke divisi Multimedia sesuai jadwal yang sudah ada. Jadi hari ini di multimedia kita belajar dengan aplikasi baru yaitu Adobe Premier ( Pr ) jadi aplikasi ini digunakan untuk mengedit video. Tapi kita baru belajar dasar nyaa saja jadi belum terlalu bisa dan selain dibantu oleh pembimbing kita juga melihat dengan tutorial di youtube.
Untuk hari ini cukup sekian dulu yaa. Terimakasih :) 


Minggu Ke Lima ( Hari Kedua )

 Assalamu'alaikum wr.wb

hai temen temen semua pada hari ini hari selasa tanggal 31 juli 2018 ini kita Mengerjakan NAMA LOGO ( A  ) atau ( H ) dari jam 01.00 sd 16.00 kita itu menggunakan aplikasi adobe illuslator atau ( AI )  hasilnya masih ada di ruang multimedia ntar lain kali kita masuk kin ke blog ya guys makasih dan semoga bermanfaat .

Minggu Ke Lima ( Hari Ketiga )

 Assalamu'alaikum wr.wb

 hallo semua kembali lagi di blog kami pada hari rabu tanggal 1 agustus 2018 kita tu pada hari di suruh ngerjain kartun mickeymouse saat jam 14.00 dan kebetulan personil kita yang satu nya ke gedung yang berbeda jadi saya sendiri mengerjakan nya ya ta apa tetep seru ko wkw . tapi saya tu lupa doukmenstasi jadi minta maaf ya semua kalo ada kekurangan sama blog ini :) semoga bermanfaat .

Minggu Ke Lima ( Hari Keempat )


 Assalamu'alaikum wr.wb

hai guys ketemu lagi dengan kita pada hari kamis tanggal 2 agustus 2018 kita tu di kasih tugas untuk mencari brosur makanan yang 3 lipat dari jam 14.00 sd 16.00 ini ada contoh brosurnya bisa lihat di bawah ya temen temen . terimakasih dan semoga bermanfaat :)




Minggu Ke Lima ( Hari KeLima )

 Assalamu'alaikum wr.wb

halo temen temen kaka kaka ade ade kembali dengan kita di hari jum'at seperti biasa kita tu di hari jumat untuk menyelesaikan tugas kita yaitu blog vlog harus selesai hari jumat dan hari jumat tu aga nyantai boleh olahraga saat paginya dan siang nya ngopi bareng seru kan temen temen terimakasih dan semoga bermanfaat maaf ya kalo ada kesalahan dari blog kita mohon memaklumi nya . 
;)


Minggu ke Delapan (Hari Pertama)



Assalamu'alaikum wr.wb

Haii ini minggu ke delapan kita pkl disini dan minggu ini kita mendapat bagian divisi di multimedia kali ini kita belajar dan memperdalam pengetahuan kita mengenai adobe after effect dengan mengikuti tutorial di youtube.


Minggu ke Delapan (Hari Kedua)


Assalamu'alaikum wr.wb

Haii semua hari ini kita kembali belajar di ruang multimedia dengan mempelajari kembali adobe after effect dan Adobe Ilustrator di Ai ini kita belajar tracing



Minggu ke Delapan (Hari Keempat)



Assalamu'alaikum wr.wb

Hallo selamat datang kembali di blog kita hari ini seperti biasa kita kembali mempelajari adobe after effect menbuat tulisan animasi dengan tulisan nama kita sendiri dan juga kita belajar adobe ilustrator ( AI ) 


Minggu ke Delapan (Hari Kelima)



Assalamu'alaikum wr.wb

Haii hari ini jum'at tanggal 24 Agustus 2018 seperti jum'at biasanya di minggu sebelumnya karna hari jum'at ini paling nyantai. Kita menyelesaikan vlog dan blog dan juga berolahraga serta ada kopi untuk kami semua baik pegawai, tenant, maupun kami anak pkl.


  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU TECHNOPARK ? Science & Technology Park selanjutnya disebut STP adalah istilah yang digunakan bagi sebuah sarana berupa kawasan yang disiapkan secara khusus, untuk menginisiasi dan mengalirkan pengetahuan dan teknologi diantara lembaga litbang, universitas dan industri. STP memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri-industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi melalui inkubasi dan proses spin-off disamping menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang disiapkan secara khusus. Istilah STP ini memiliki tidak kurang dari 16 sinonim, seperti: business-park, cyber-park, hi-tech park, innovation centre, science and technology center, research park, research and technology parks, science and technology park, technology incubator, technopolis (teknopolitan) dan lain-lain.Yang penting dipahami adalah bahwa STP tidak identik dengan inkubator. Namun inkubator merupakan bagian penting dalam sebuah STP. Salah satu definisi formal tentang ST...